13+ Cara Mendapatkan Uang di Instagram (Mudah dan Nyaris Tanpa Modal)

Cara Mendapatkan Uang di Instagram

Inilah cara mendapatkan uang di Instagram dengan mudah dan nyaris tanpa modal. Seperti diketahui, Instagram adalah salah satu media sosial paling populer di dunia dengan angka penguna sekitar 1 miliar lebih di seluruh dunia.

Dengan angka penguna yang fantastik tersebut, tentu ada peluang usaha di Instagram. Dimana, hukum alam berlaku disini, dimana ada keramaian, tentu ada banyak peluang bisnis yang menguntungkan.

Lebih menariknya lagi, menghasilkan uang dari Instagram ini bisa dilakukan dengan mudah, dan nyaris tanpa modal. Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang di Instagram dengan mudah dan nyaris tanpa modal tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Cara Mendapatkan Uang di Instagram Dengan Mudah dan Nyaris Tanpa Modal


#1. Menjual Produk

Menjual produk adalah salah satu cara mendapatkan uang di Instagram yang banyak ditemukan di Instagram. Ada banyak sekali akun Instagram yang dibuat khusus untuk menjual berbagai jenis barang.

Barang yang dijual pun sangat beragam, mulai dari produk fisik seperti pakaian, tas, aksesoris, dan lainnya, hingga produk digital seperti ebook, membership, dan masih banyak lagi produk digital lainnya.

Lebih menariknya lagi, berjualan produk di Instagram itu tidak harus memiliki produk sendiri. Pasalnya, dengan sistem dropshipper atau reseller, kamu tetap bisa berjualan tanpa mempunyai produk sendiri.

Perlu diketahui, dropshipper atau reseller adalah sebuah sistem penjualan, dimana kamu akan menjualkan produk orang lain, dan akan mendapatkan sedikit komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

#2. Menjadi Buzzer

Cara mendapatkan uang di Instagram dengan mudah dan nyaris tanpa modal berikutnya yaitu menjadi buzzer. Buzzer adalah sebuah akun sosial media yang bisa mempangaruhi sebuah topik tertentu.

Hanya saja, untuk menjadi seorang buzzer di Instagram itu harus memenuhi beberapa syarat tertentu seperti akun Instagram harus memiliki banyak follower asli, dari ribuan hingga jutaan follower, semakin banyak semakin bagus.

Disamping itu, sebuah akun buzzer juga harus memiliki ciri khas tertentu. Misalnya, akun Instagram yang khusus memposting konten tentang kehidupan cewek, atau tentang tempat wisata, dan lain sebagainya.

Biasanya, yang membutuhkan jasa para buzzer ini adalah para pedagang online yang akun Instagram-nya yang masih memiliki sedikit follower. Dengan mengunakan jasa buzzer tersebut, diharapkan bisa meningkat penjualan sekaligus menambah jumlah follower di Instagram.

#3. Menjadi Selebgram

Selain menjadi buzzer, kamu juga bisa mendapatkan uang dari Instagram dengan cara menjadi seorang selebgram, atau selebriti Instagram, yang mulai populer sejak kemunculan aplikasi Instagram.

Syarat menjadi seorang selebgram itu hampir sama dengan buzzer, yaitu harus mempunyai banyak follower asli, dari ribuan hingga jutaan follower, semakin banyak semakin bagus, dengan tingkat engagement yang tinggi.

Cara kerja seorang selebgram dalam menghasilkan pundi-pundi uang di Instagram pun kurang lebih sama dengan seorang buzzer, yaitu mereka akan dibayar untuk mempromosikan sesuatu di akun Instagram-nya.

Terus apa beda buzzer dan selebgram? Perbedaannya bisa dilihat dari jenis akunnya, dimana buzzer adalah akun Instagram anonim, sedangkan selebgram adalah akun Instagram yang sudah diketahui pemiliknya seperti akun Instagram artis.

#4. Menjadi Endorser

Kalau endorser ini adalah tingkatan lebih lanjut dari seorang selebgram. Dimana, menjadi seorang endorser itu berarti kamu, dan akun Instagram-mu akan dijadikan sebagai brand ambasador dari produk tertentu.

Dan menjadi seorang endorser itu tidak cukup hanya memiliki banyak follower di Instagram, tapi juga harus orang yang bisa mempengaruhi para follower-nya untuk melakukan sesuatu, misalnya membeli produk yang dipromosikannya.

Cara kerja seorang endorser untuk menghasilkan uang dari Instagram adalah mereka akan dibayar oleh para pengiklan untuk mereview, sekaligus mempromosikan produk-produknya di akun Instagram-nya.

Makanya, seorang endorser itu sangat diharapkan benar-benar mengerti produk yang direview, dan dipromosikannya. Pasalnya, semakin baik seorang endorser melakukan review dan promosi, maka bisa meningkatkan value.

#5. Berburu Kuis

Jika kalian belum bisa menjadi seorang buzzer, selebgram, dan endorser di Instagram, dikarenakan masih memiliki follower Instagram yang sedikit, maka berburu kuis di Instagram bisa menjadi pilihan.

Ada banyak akun Instagram yang menyelenggarakan kuis setiap bulannya, baik itu kuis yang diselenggarakan oleh toko online, badan pemerintahan, maupun perusahaan-perusahaan swasta, dan lainnya.

Model kuis yang diselenggarakan pun cukup beragam, mulai dari yang hanya perlu me-repost postingan, mention ke teman, hingga lomba kreasi lewat postingan dengan hadiah yang menarik seperti sejumlah uang, produk tertentu, dan lainnya.

#6. Menjadi Admin

Selain berburu kuis di Instagram, menjadi admin sebuah akun Instagram juga merupakan salah satu cara mendapatkan uang di Instagram selain menjadi seorang endorser, selebgram, buzzer, dan lainnya.

Ada banyak tokoh penting, dan orang terkenal lainnya yang membutuhkan seorang admin media sosial seperti Instagram untuk mempublikasikannya, baik itu hasil kerjanya maupun kegiatannya sehari-hari.

Hanya saja, untuk menjadi seorang admin sebuah akun media sosial dari tokoh penting, dan orang terkenal lainnya sedikit lebih susah. Paling tidak, kamu harus memiliki kenalan dengan orang-orang yang bersangkutan.

Namun, jika mereka sudah mempercayakan akun media sosialnya kepadamu, siap-siap mendapatkan uang sebagai imbalannya. Dan kalau mereka puas dengan hasil kerjamu, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan banyak tawaran dari tokoh penting lainnya.

#7. Menjadi Konten Creator

Selain berburu kuis, dan menjadi admin sebuah akun Instagram, ada satu lagi cara menghasilkan uang lewat aplikasi Instagram selain menjadi seorang buzzer, selebgram, dan endorser, yaitu menjadi konten creator.

Konten creator adalah mereka yang membuat video-video pendek kemudian dipublikasikan ke akun Instagram-nya. Sudah banyak orang yang sukses menekuni bisnis konten creator di Instagram dengan berbagai passion.

Salah satu orang yang terbukti sukses dalam bisnis konten creator di Instagram adalah @maell_lee yang sukses sebagai konten creator dengan passion komedi, dan masih banyak konten creator lainnya.

Sebenarnya, konten creator itu bukan hanya membuat video-video pendek, bisa membuat konten lainnya seperti foto menarik, kemudian konten tersebut dijual kepada akun Instagram yang membutuhkannya.

#8. Menjual Jasa

Selain menjual produk fisik seperti pakaian, tas, aksesoris, dan lainnya, dan produk digital seperti ebook, membership, dan lainnya, di Instagram juga banyak ditemukan akun Instagram yang menjual jasa.

Menawarkan jasa di Instagram adalah salah satu cara menghasilkan uang di media sosial. Lantas, jasa apa saja yang cocok ditawarkan di Instagram. Nah, dalam pengamatan saya, ada beberapa jasa yang bisa ditawarkan lewat Instagram.

Mulai dari jasa membuat desain (seperti desain logo, desain banner, kartu nama, dan lainnya), desain pembuatan blog/website, jasa penerjemahan, Jasa search engine optimization (SEO), dan masih banyak lagi lainnya.

#9. Jualan Foto

Sebenarnya, cara mendapatkan uang di Instagram dengan menjual foto ini termasuk dalam menjual produk yang terdapat pada point nomor satu (1). Namun sengaja saya pisahkan, karena memiliki arti tersendiri.

Seperti yang diketahui, Instagram adalah salah satu media sosial khusus untuk berbagi foto dan video. Sehingga, hampir 100% konten yang ditemukan di Instagram adalah konten berupa foto dan video.

Nah, sebagai media sosial khusus untuk berbagi foto dan video, pasti ada banyak orang yang mencari foto dengan kualitas bagus di Instagram. Caranya, kamu cukup memposting foto terbaikmu di akun Instagram-mu dengan watermark.

Jika mereka ingin memiliki fotomu tanpa watermark, mereka bisa membelinya langsung kepadamu. Dari sekian banyak penguna Instagram tersebut, pasti ada yang tertarik membeli foto dengan kualitas bagus milikmu.

#10. Bisnis Jastip (Jasa Titip) Beli Barang

Kalau bisnis yang satu ini sangat cocok dijalankan oleh pengguna Instagram yang hobi jalan-jalan ke pusat perbelanjaan seperti mall, distro, pameran, dan tempat lainnya yang banyak menjual produk menarik.

Biasanya, mereka yang menjalankan bisnis jasa titip (jastip) beli barang ini disebut sebagai personal shopper. Caranya, cukup mengambil foto produk menarik yang ditemukan di pusat perbelanjaan yang sedang dikunjungi.

Kemudian, posting foto tersebut ke akun Instagram-mu dengan memberikan tag seperlunya. Nantinya, jika ada follower-mu yang tertarik membelinya, bisa melalui kamu dengan harga yang sudah ditentukan sebelumnya.

#11. Mencari Sponsor

Kamu sering melihat sebuah kegiatan disponsori oleh merk atau brand tertentu? Nah, hal yang sama juga bisa diterapkan kepada akun Instagram. Hanya saja, menghasilkan uang di Instagram dengan cara ini harus proaktif untuk mencari sponsor tersebut.

Misalnya, akun Instagram-mu tentang kuliner, maka merk atau brand yang dicari adalah produsen makanan, dan sejenisnya. Nantinya, setelah terjadi kesepakatan, barulah kamu memposting foto dan video yang berhubungan dengan merk atau brand tersebut.

#12. Membuka Jasa Pemasangan Instagram Ads

Cara menghasilkan uang di Instagram berikutnya yaitu membuka jasa pemasangan Instagram Ads. Sesuai dengan namanya, Instagram Ads adalah salah satu layanan pemasangan iklan di aplikasi Instagram.

Hanya saja, menghasilkan uang dari Instagram dengan cara yang satu ini cukup sulit, namun cukup mengiurkan dikarenakan pasti banyak yang membutuhkan jasa pemasangan iklan di aplikasi Instagram ini.

Alasannya sederhana saja, yaitu hanya ada sedikit orang Indonesia yang bisa mengunakan fitur Instagram ini dengan baik, dikarenakan kendala bahasa, dan ketidakpastian dengan hasil yang didapatkan.

Nah, jika kamu bisa mengunakan dengan baik fitur Instagram Ads, dan bisa menjamin hasil yang didapatkan oleh para pengiklan tersebut. Maka, pasti banyak orang yang ingin mengunakan jasamu tersebut.

#13. Berjualan Akun Instagram

Cara mendapatkan uang di Instagram dengan mudah dan nyaris tanpa modal yang terakhir yaitu berjualan akun Instagram. Menghasilkan uang dari Instagram dengan cara ini juga sudah banyak ditemukan di Instagram.

Biasanya, mereka sengaja berternak (membuat) akun Instagram untuk dijual kembali kepada yang berminat. Tentunya, akun Instagram yang mereka jual adalah akun Instagram dengan follower asli yang bisa meningkatkan value.

Lantas, berapa harga sebuah akun Instagram tersebut? Harganya bervariatif, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta, tergantung jumlah follower-nya (semakin banyak semakin mahal), dan niche akun Instagram tersebut.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan uang di Instagram dengan mudah, dan nyaris tanpa modal. Semoga artikel pertama Dipojokan.ID ini bisa memberikan mamfaat bagi banyak orang. Terima kasih!!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel